Ilmu Satria - Basic Seo

Basic seo merupakan teknik seo dasar yang harus kita pelajari pada blogger, kenapa kita harus mempelajari seo dikarenakan jika teknik seo yang kita gunakan bagus maka artikel serta pengunjung di website kita otomatis akan banyak dikarenakan jika kita menggunakan teknik seo yang bagus artikel kita pasti akan muncul di page one, dan biasanya artikel yang muncul di page one akan lebih sering di klik oleh orang lain.

Mengenal Seo


Seo atau search engine optimzation adalah sebuah tehnik (Seni) mendatangkan traffic ke website startup kita dengan cara ‘menempatkanya’ pada top 10 google search result.Secara singkat tehnik seo dapat dikelompokan menjadi 2 :

1. Seo On Page


Seo On Page intinya segala hal yang dilakukan pada web kita seperti, meletakan dan menyelaraskan frase frase keyword pada komponen html website kita dan masih banyak lagi seperti :
- Pada bagian penting website, seperti title site, heading, main kontent, image alt , slug url dll.
- Pada saat memasukan keyword diatas, harus natural atau tidak membabi buta, sewajarnya saja.
- Kontent website harus unik atau lebih tepatnya berkualitas + berguna bagi orang.
- Frekuensi update.
- Navigasi yang baik.
- Dan masih banyak lagi.

2. Seo Off Page 


Seo Of Page merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi posisi kita di hasil pencarian search engine google.Bagian penting dari metode ini adalah backlink, yaitu anchor link dari website lain yang mengarah ke website kita. 

Kamu bisa melogikanya seperti ini, semakin banyak link ke website kita, berarti website kita ramai di bicarakan oleh website lain.Kalau ramai digosipin, berarti ada kontent yang menarik atau penting, karena dianggap penting oleh logaritma search engine, maka naik lah posisi kita di search engine logika basic backlink seperti itu, tapi masih banyak variable lain soal backlink antara lain, mulai kualitas, contoh backlink dari detikcom tentunya lebih berkualitas dari blog yang baru berumur sehari.Umur backlink, konteks dan keterkaitan backlink, website hotel kok linknya kok dari website bokep, kan tidak cocok, page rank dan masih banyak lainya.

Kesimpulanya, untuk memulai belajar dari sesuatu hal, anggaplah kita sebagai yang punya dari hal tersebut.Misal kita punya google apabila kita melihat keterangan seperti di bawah ini bagaimana perasaanya ?
- Kalau melihat ada kontent copy paste, pasti tidak kita suka, karena server kita dipenuhkan dengan kontent yang sama.
- Kalau kontenya bermanfaat pasti kita naikan, karena pasti pengguna search engine kita akan senang.
- Kalau websitenya ramai dibicarakan, pasti ada sesuatu yang penting, kita naikin saja deh.
- Kalau website cepat/gampang diakses dan user friendly, pastinya kita kasih point.
- Begitu dan seterusnya.

Keyword


Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah penentuan keyword atau keyword research.Seringkali kita salah menentukan keyword, salah keyword lumayan fatal akibatnya, salah salah energi kita habis buat rangkingin, tapi ternyata tidak ada visitor.

Contoh saja apakah betul orang mencari dengan keyword ‘komputer’ ketika akan membeli komputer, apakah dia tidak mengetik ‘daftar harga komputer’ atau ‘spek komputer game’ dll.

Keyword tersendiri juga terdapat beberapa jenis, antara lain :
- Buying keyword : keyword yang diketik orang ketika ingin membeli produk.
- Comparison keyword: keyword yang digunakan untuk membandingkan sesuatu.
- Information keyword: keyword yang digunakan hanyak untuk melihat informasi, biasanya berupa tutorial.
- Branding keyword: contoh, telkomsel, website telkomsel dan lain lain singkatnya seperti itu.
Intinya untuk melakukan riset keyword harus sabar (bisa 2 sampi 6 bulan, tergantung persaingan), karena seo tidak instant, tapi long term traffic generator.

Penutup


Itulah yang dapat saya sampaikan untuk artikel mengenai basic seo untuk pemula, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan melalui kolom komentar di bawah dan semoga artikel kalian cepat menuju page one, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke media sosial kalian.Terima kasih.