Ilmu Satria - Broken Link Checker

Permasalahan broken link sering kali terjadi pada seorang blogger dalam mengelola blognya.Maka dari itu, kita harus selalu rajin untuk mengecek keadaan link pada blog kita apakah ada yang rusak atau tidak, jika terdapat broken link maka kita harus mengeceknya dengan broken link checker.

Pengertian Broken Link


Broken link adalah sebuah link pada halaman website ataupun blog yang dimana jika kita klik link tersebut tidak ditemukan, link error, atau 404 not found pada browser.Apa yang akan terjadi jika pengujung kita baru pertama kali mengunjungi blog kita dan langsung menemukan broken link? pasti mereka sangat kesal bukan.Maka dari itu pengecekan broken link sangat lah penting bagi para blogger.

Yang Menyebabkan Terdapat Broken Link


1. Mengganti Nama Domain Website
Mengganti nama domain website memang tidak seratus persen salah, namun jika kita mengganti nama domain website banyak perubahan juga yang harus kita perbaiki contohnya link rusak dikarenakan perbedaan domain.
2. Kesalahan atau Typho Dalam Penulisan Link
Hal yang sering kali terjadi pada blogger adalah kesalahan dalam penulisan.Hal ini bisa dianggap sepele jika link yang kita tautkan itu hanya link biasa.Coba bayangkan jika link tersebut berkualitas, maka kita akan mendapatkan effort yang jelek dari kesalahan kita tersebut.
3. Permalink Pada Artikel Diganti
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, mengganti sebuah link memang tidak ada salahnya.Namun ada yang perlu diingat bahwa setiap kita merubah satu hal maka banyak hal dibelakangnya yang harus dirubah seperti permalink yang sudah dirubah dan ditautkan ke artikel lain.
4. File Sudah Dihapus atau Tidak Tersedia
Ini adalah masalah rata-rata dari para pengguna cloud download.Biasanya atau seringkali file yang sudah kita upload ke cloud itu terhapus ataupun dihapus karena kebijakan dari pihak cloud filesnya sendiri.Maka dari itu kita haruslah rajin cek apakah link yang kita punya rusak dan file tidak tersedia atau masih aman saja.

Cara Cek Broken Link


1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka browser kalian.
2. Jika browser kalian sudah terbuka maka lanjut dengan membuka situs di bawah.


3. Jika kalian sudah membukanya, langkah selanjutnya adalah copy link website kalian dan pastekan pada kotak bagian kanan atas.

Ilmu Satria - Broken Link Checker

4. Jika sudah langkah selanjutnya adalah klik Find Broken Links dan tunggu sesaat.

Ilmu Satria - Broken Link Checker

5. Jika proccessnya sudah selesai, maka  nanti akan muncul list link apa saja yang rusak atau biasa disebut broken link.

Ilmu Satria - Broken Link Checker

6. Selesai.

Penutup


Itulah artikel mengenai Broken Link Checker, jika ada yang belum paham bisa ditanyakan pada kolom komentar agak semakin paham, dan jangan lupa di share artikel ini kepada sahatbat, kerabat, ataupun keluarga jika bermanfaat.Terima kasih.